Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • PORTAL KATINGAN
blog-img-10

Posted by : DennyPidjath PKP

PEMKAB KATINGAN TARGETKAN PENINGKATAN PERINGKAT PELAYANAN PUBLIK DI 2025

Portal Katingan - Bupati Katingan Saiful melalui Asisten III Setda Katingan, Evie Silvia Baboe, mengikuti kegiatan Asistensi Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Ombudsman Republik Indonesia (RI) Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah bertempat di ruang rapat Bupati Katingan, pada Kamis (13/3/2025) yang bertujuan untuk memastikan kualitas pelayanan publik di daerah tetap sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Kegiatan ini juga menjadi langkah penting untuk meningkatkan nilai dan peringkat Pemerintah Kabupaten Katingan dalam penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik. Pada penilaian tahun 2024 lalu, Pemerintah Kabupaten Katingan berhasil memperoleh peringkat 10 dari 14 kabupaten/kota se-Provinsi Kalimantan Tengah, dengan nilai 79,82 yang masuk dalam kategori Zona Hijau dan Kategori B (Kualitas Tinggi).

Dalam sambutannya, Asisten III Setda Katingan menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kalimantan Tengah, Dr. R. Biroom Bernardianto, M.Si, serta para narasumber yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, yakni  Ary Andriyan selaku Kepala Keasistenan Pencegahan Maladministrasi dan  Hendra Kurniawan selaku Asisten Pencegahan Maladministrasi. “Saya mengucapkan terima kasih kepada Kepala Perwakilan Ombudsman, beserta jajaran yang telah hadir untuk memberikan asistensi pada kegiatan ini. Terima kasih juga kepada seluruh kepala perangkat daerah, kepala puskesmas, serta peserta lainnya yang hadir,” ujarnya.

Lebih lanjut  kegiatan ini dapat diikuti dengan sungguh-sungguh oleh semua pihak terkait. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan unit layanan masing-masing sebagai lokasi penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik pada tahun 2025. “Saya berharap kegiatan ini dapat membawa hasil yang lebih baik, dengan peningkatan nilai dan peringkat dibandingkan tahun lalu,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menekankan pentingnya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sebagai salah satu wujud tanggung jawab sebagai pelayan publik. “Sebagai pelayan publik, kita wajib memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat agar dapat memperoleh kepercayaan dari mereka. Oleh karena itu, kita harus terus meningkatkan pelayanan publik, melakukan evaluasi secara terus-menerus untuk menemukan area yang perlu diperbaiki, baik dari segi kebijakan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, serta pelayanan untuk kelompok rentan,” tutur Asisten III.

Evie Silvia Baboe juga menegaskan kepada seluruh peserta untuk segera bergerak mempersiapkan penilaian yang akan dilaksanakan tahun ini. “Penuhi segala bentuk dokumen dan bukti dukung yang diminta oleh Ombudsman. Jangan sampai ada aspek yang nilai-nya kosong. Mari kita bekerja sama untuk meningkatkan nilai dan peringkat Pemerintah Kabupaten Katingan dalam penyelenggaraan pelayanan publik,” ujarnya.

Kegiatan asistensi ini diharapkan dapat memotivasi seluruh perangkat daerah di Kabupaten Katingan untuk lebih berkomitmen dalam memberikan pelayanan publik yang berkualitas dan sesuai dengan harapan masyarakat.