Berita Kabupaten

Dinas Kesehatan Upayakan Target Posyandu Strata Purnama dan Mandiri

  • Diskominfo Kabupaten Katingan
  • 29 September 2021 08:00
  • 432

Portal Katingan - Pemerintah Kabupaten Katingan melalui Dinas Kesehatan mempunyai program yang mengupayakan seluruh posyandu di daerah  Kabupaten Katingan mencapai Strata Purnama dan Mandiri.

Menurut Kadis Kesehatan Kab Katingan Robertus Pamuryanto Strata atau tingkatan Posyandu dibagi menjadi empat macam yaitu Posyandu Pratama (warna merah), Posyandu Madya (warna kuning), Posyandu Purnama (warna hijau) dan Posyandu Mandiri (warna biru). Dan Posyandu di Kabupaten Katingan yang saat ini Strata Pratama dan Madya akan kami upayakan meningkat ke Strata Purnama dan yang Purnama naik jadi strata mandiri.

(Baca Juga : Bunda Paud Katingan Ikuti Rapat Kerja Bunda PAUD Tingkat Nasional)

"Selama pandemi Covid-19, pelayan pada Posyandu di Katingan belum maksimal dilaksanakan karena adanya larangan tidak boleh mengumpulkan orang banyak, tetapi pihaknya tetap berusaha menjelang akhir 2021 dan 2022 tetap aktif karena tidak aktif khawatirnya nanti posyandu turun strata. Jangan sampai akibat pandemi COVID-19 posyandu yang sudah Strata Madya dan Purnama jadi turun stratanya," ucapnya.

Ia mengaku pengaktifan kembali kegiatan posyandu merupakan salah satu target Dinas Kesehatan Kabupatn Katingan dalam rangka pelayanan kesehatan kepada masyarakat di luar penanganan Covid-19. Dan terkait kondisi lingkungan yang kotor pasca banjir, Robertus mengajak masyarakat melakukan perilaku hidup bersih dan sehat dengan bersih-bersih termasuk pemberantasan sarang nyamuk, berolah raga serta minum vitamin, agar terhindar dari segala penyakit diare, gatal-gatal, malaria, demam berdarah dan lainnya.

Khusus kepada tenaga kesehatan, Robertus menyampaikan untuk tetap semangat supaya kegiatan pelayanan kesehatan terus berjalan lancar sehingga target tercapai.

Sementara itu Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Setia Jaya menjelaskan, di Katingan terdapat 16 puskesmas dan 202 posyandu dengan tingkatan atau Strata Pratama, Madya dan Purnama. "Sampai saat ini di Katingan belum ada posyandu dengan Strata Mandiri," ungkap Jaya.