Berita Kabupaten

Penyusunan Rancangan Arsitektur SPBE Diskominfopersantik Kabupaten Katingan

  • Diskominfo Kabupaten Katingan
  • 15 Oktober 2021 09:00
  • 57

Portal Katingan - Sebagai upaya peningkatan kualitas dalam melakukan tata kelola dan penyelenggaraan SPBE yang efektif, efisien, komperhensif, serta terpadu dan mendukung Pemerintah dalam menuju Good Coorperate Governance, Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian Dan Statistik Kabupaten Katingan baru saja melakukan kegiatan penyusunan Rancangan Arsitektur SPBE tahun 2021-2024 dengan menggandeng CV. Fit Tech Inova Global. Jumat, 15 Oktober 2021.


Bertempat di Ruang Media Center Diskominfopersantik Kabupaten Katingan. Kegiatan Pemaparan hasil Rancangan Arsitektur SPBE dibuka langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Katingan Wim. 

(Baca Juga : Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Gerakan Bersama Pakai Masker Tahun 2020)

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Katingan menyebutkan tujuan pelaksanaan penyusunan Arsitektur SPBE untuk mendorong dan mewujudkan penyelenggaraan pemerintah yang terbuka, akuntabel dan terpadu. Serta meningkatkan kolaborasi antar instansi pemerintah dalam melaksanakan urusan dan tugas pemerintahan untuk mencapai tujuan bersama.


'Saya berharap dengan implementasi Arsitektur SPBE ini akan meningkatkan indeks kematangan SPBE dan penguatan terhadap tata kelola TIK pada Pemerintahan Kabupaten Katingan. Sehingga terwujud penyelenggaraan pemerintah yang terbuka, akuntabel dan terpadu. Serta meningkatkan kolaborasi antar instansi pemerintah dalam melaksanakan urusan dan tugas pemerintahan untuk mencapai tujuan bersama", jelas Kadis Kominfopersantik.

Sementara itu, Auditor TI Agus Hermanto, S.Kom, MMT, COBIT dari CV. Fit Tech Inova Global memaparkan hasil penyusunan Arsitektur SPBE, rekomendasi perbaikan untuk memenuhi persyaratan dalam melakukan penyelenggaraan SPBE dan Rekomendasi tahapan strategi implementasinya. Rekomendasi - rekomendasi tersebut diharapkan dapat membantu Diskominfopersantik Kabupaten Katingan dalam mengelola layanan SPBE yang ada di Pemerintahan Kabupaten Katingan. Dan juga dapat membantu Pemerintah Kabupaten Katingan dalam meningkatkan nilai dari Indeks Reformasi Birokrasi, Indeks Kematangan SPBE, dan Indeks Kepemimpinan Kepala Daerah.

Dalam proses penyusunannya, Agus Hermanto dan tim selaku IT Architect terlebih dahulu melakukan assessment dan observasi kondisi existing dengan mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2020, Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Standar Arsitektur Grup Terbuka, dan Masterplan TI Kabupaten Katingan dengan tujuan untuk mengetahui kondisi dari proses penyelenggaraan SPBE yang telah dilakukan sampai pada saat ini. Pada hasil kegiatan assessmen dan observasi yang telah dilakukan akan dijadikan sebagai dasar acuan dalam menyusun Arsitektur SPBE untuk tahun 2021-2024.

Arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dilakukan dalam rangka menindaklanjuti Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), yang akan digunakan sebagai acuan strategi, serta arah kebijakan, demi mendukung tercapainya visi misi dan tujuan organisasi, dan telah disesuaikan dengan strategi, proses bisnis, serta perkembangan situasi dan kondisi Kabupaten Katingan. 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Katingan, seluruh Kepala Bidang Diskominfopersantik Kab. katingan, Kasi. E-Government, Kasi. Infrastruktur dan Kasubbag. Perencanaan Diskominfopersantik Kab. Katingan. (Etrin/Diah / Foto : Etrin)