Berita Kabupaten

Bupati Katingan Mengikuti Pencanangan Gerakan Diversifikasi Pangan, Ekspose UMKM Pangan lokal dan Buah Nusantara 2020

  • Diskominfo Kabupaten Katingan
  • 19 Agustus 2020 08:30
  • 122

Portal Katingan –  Menurut Menteri Pertanian Republik Indonesia  Syahrul Yasin Limpo, masalah pertanian adalah masalah yang pasti bisa mensolusi semua tantangan-tantangan kehidupan semua orang di seluruh dunia dalam kondisi apa saja, termasuk tantangan terhadap Covid-19, saat membuka secara resmi Pencanangan Gerakan Diversifikasi Pangan, Ekspose UMKM pangan lokal dan buah Nusantara 2020 Kementerian pertanian (Kementan). Pencanangan yang dilaksanakan di Kantor Pusat Kementerian Pertanian Republik Indonesia ini diikuti serentak oleh 34 provinsi secara virtual. Rabu (19/8/2020).

"Pertanian bisa menjadi solusi, termasuk dalam menghadapi covid-19. Karena itu saya minta para Gubernur, Bupati, dan Walikota turut serta secara bersama-sama menangani ketahanan pangan, termasuk  menangani dampak, ekonomi akibat covid-19. Tidak ada orang di dunia yang tidak butuh makan dan tidak butuh pertanian. Jadi, akses untuk petani dan komoditas pertanian untuk menjadi penyangga ekonomi yang pasti bisa menjadi peluang " katanya.

(Baca Juga : Bappelibang Kabupaten Katingan Laksanakan Workshop Karya Tulis Kelitbangan Tahun 2021)

Dijelaskan Syahrul, diversifikasi pangan merupakan upaya untuk mendorong masyarakat untuk memvariasi makanan pokok yang dikonsumsinya yaitu beras dengan makanan pokok lainnya seperti ubi, singkong, talas dan jagung serta salah satu upaya antisipasi krisis pangan global dan ancaman kekeringan, penyediaan pangan alternatif sumber karbohidrat lokal non beras. Selain itu, untuk menggerakkan ekonomi masyarakat, mewujudkan sumber daya manusia yang sehat, aktif, dan produktif melalui kecukupan pangan yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman.

“Diversifikasi pangan harus dimulai dengan membangun mindset bahwa kenyang tidak harus dengan beras, ada banyak komoditas pangan yang beragam dan bergizi yang kita miliki. Jadi melalui gerakan diversifikasi diharapkan pangan lokal memiliki daya saing dan tidak hanya sebatas pangan untuk dikonsumsi saja tetapi ada nilai lebih di dalamnya. Langkah strategis diversifikasi pangan mencakup aspek produksi, pascapanen, stok dan pengolahan, hingga pemasaran dan pemanfaatan, diharapkan permintaan produk pangan lokal akan semakin pesat, sehingga mampu memicu pertumbuhan UMKM khususnya di bidang pangan lokal,” tegas Menteri Pertanian.

Tampak hadir mengikuti Pencanangan tersebut Bupati Katingan Sakariyas didampingi Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang, Sekretaris Daerah Kabupaten Katingan Nikodemos, Kepala Dinas Kepala Pertanian, Perkebunan dan Perternakan Kabupaten Katingan Yossy dan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Katingan menghadiri acara Gerakan Diversifikasi Pangan Lokal 2020 dari Ruang Rapat Bupati Katingan. (Dhe/Lisna/Ade).