Berita Kabupaten

Sosialisasi internet V-Sat untuk Kecamatan

  • Administrator
  • 20 November 2020 09:42
  • 776

Kegiatan Sosialisasi internet V-Sat bagi kecamatan dilatarbelakangi adanya beberapa Kecamatan di Wilayah Kabupaten Katingan yang masih dalam kondisi blank spot. Kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Katingan Hulu, Kecamatan Bukit Raya dan Kecamatan Petak Malai. Tidak dapat dipungkiri, apabila internet merupakan kebutuhan dasar bagi dunia perkantoran saat ini, terutama dimasa pandemi. Melalui jaringan internet, pekerjaan dapat diselesaikan dimanapun kita berada.


Sebagai Narasumber kegiatan sosialisasi ini adalah bapak Rais yang merupakan Leader Field dari Perusahaan Tiga Insan Intermedia dan dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Kabupaten Katingan Hasrun, perwakilan dari tiga Kecamatan kategori Blank Spot yang memerlukan jaringan internet, serta ASN yang membidangi masalah terkait. Kegiatan dilaksanakan di Media Center Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Kabupaten Katingan. (Jumat, 20/11/2020)

(Baca Juga : Belajar Pengelolaan Radio Pemerintah, Diskominfo Katingan Kunker Ke Kabupaten Pulang Pisau)


Dalam paparannya, narasumber menyampaikan beberapa keunggulan menggunakan V-Sat diantaranya dapat menjangkau wilayah sangat terpencil, instalasi dan proses pemasangan lebih praktis dan mudah dalam perawatan. Memperhatikan kondisi wilayah tiga kecamatan yang belum terjangkau jaringan kabel, fiber optic maupun seluler, layanan internet V-Sat sepertinya bisa menjadi alternatif solusi untuk memenuhi kebutuhan internet.

Tidak hanya di Kecamatan, desa-desa terpencil pun dapat di jangkau oleh layanan V-Sat. Karena saat ini kebutuhan internet tidak hanya dikota dan kecamatan saja, tetapi desa-desa juga memerlukan jaringan internet sebagai media komunikasi serta sumber informasi yang cepat, tepat dan akurat. (kominfo)