Berita Kabupaten

Bankesbangpol Kabupaten Katingan Gelas Forum Diskusi Politik Tentang Bantuan Keuangan Partai Politik Tahun 2021

  • Diskominfo Kabupaten Katingan
  • 08 April 2021 08:00
  • 115

Portal Katingan - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Katingan melaksanakan Kegiatan Forum Diskusi Politik Tentang Bantuan Keuangan Partai Politik Tahun 2021 yang diselenggarakan di Aula BPKAD Kabupaten Katingan. Kamis, 8 April 2021.


Bupati Katingan dalam sambutannya yang dibacakan Pejabat Sekretaris Daerah Kabupaten Katingan Pransang menyebutkan bantuan keuangan adalah bantuan keuangan yang bersumber dari APBD Kabupaten Katingan. Bantuan keuangan diberikan secara proporsional kepada partai politik yang mendapatkan kursi di DPRD yang pernghitungannya berdasarkan perolehan suara.

(Baca Juga : Orangutan Albino Dilepasliarkan Ke TNBBBR Katingan)


Ditambahkannya, berdasarkan hasil pemilu legislatif tahun 2019 ada 10 partai politik yang mendapat kursi di DPRD Kabupaten Katingan dengan perolehan kursi sebanyak 25 kursi. Dan bantuan keuangan partai politik diberikan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah yang dipergunakan sebagai dana penunjang kegiatan pendidikan politik dan operasional Sekretariat Partai Politik.

"Saya berharap partai politik senantiasa dapat memberikan andil yang terbaik terhadap semua permasalahan yang dihadapi oleh bangsa dan negara sesuai dengan ruang yang dimiliki sebagai mana tugas dan fungsi partai politik menurut peraturan perundang-undangan. Bagi peserta yang mengikuti kegiatan ini untuk dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan baik serta proaktif mendiskusikan materi yang disampaikan oleh narasumber", tutupnya.


Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Katingan George Heplin Edwar Doddy menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi guna meningkatkan pengetahuan tentang bantuan keuangan partai politik. Sehingga mampu meningkatkan pengetahuan dalam hal tertib administrasi tata kelola bantuan keuangan kepada partai politik serta mengetahui ketentuan yang diatur dalam peraturan tentang bantuan keuangan kepada partai politik khususnya dalam masa pandemic covid-19.

Tampak hadir Ketua DPRD Kabupaten Katingan dan peserta yang hadir merupakan wakil dari partai politik yang mendapatkan kursi di DPRD Kab. Katingan.