Berita Kabupaten

Ny. Daurwaty Sakariyas Ikuti Diskusi Membangun Pola Konsumsi Masyarakat Berbasis Produk Lokal Penganan Buka Puasa

  • Diskominfo Kabupaten Katingan
  • 21 April 2021 13:00
  • 43

Portal Katingan - Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum bekerjasama dengan TP-PKK dan Dharma Wanita Persatuan Kementerian Dalam Negeri menyelenggarakan Diskusi Membangun Pola Konsumsi Masyarakat Berbasis Produk Lokal  Penganan Buka Puasa secara virtual. Rabu (21/4/2021)

Sebagai pemangku kepentingan utama nasional, Direktorat Ketahanan Ekonomi, Sosial, Budaya – Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum - Kementerian Dalam Negeri, memandang penting untuk menjembatani sasaran strategis agenda pembangunan nasional, utamanya menghadapi dinamika kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dengan mengukuhkan akar budaya bangsa.

(Baca Juga : Wabup Katingan Terima Bantuan dari PT. Bumitama Gunajaya Argo Group)


Kekayaan Produk Lokal Nusantara yang telah berakar sebagai budaya bangsa, sebagian besar di dominasi oleh aneka kuliner dengan ciri khas pembuatan secara tradisional. Indonesia, suatu bangsa besar yang menempati wilayah sangat luas, rumah bagi 1.340 etnis bangsa, masing - masing mempunyai dapur khas sendiri - sendiri.

Forum Diskusi mengemukakan makanan tradisional yang diolah dari bahan pangan hasil daerah setempat, melalui proses yang telah dikuasai masyarakat dengan produk cita rasa, bentuk dan cara makannya dikenal, digemari, dirindukan, bahkan menjadi penciri kelompok masyarakat tertentu. Tujuan forum diskusi, dimaksudkan untuk :

1. Mendorong partisipasi masyarakat untuk menggunakan produk dalam negeri dalam setiap aktifitas ekonominya, terutama dalam membuat hidangan berbuka puasa bagi keluarga, tanpa meninggalkan ciri khas daerah asal
2. Memuaskan kerinduan terhadap hidangan khas daerah yang hanya bias dijumpai saat bulan Ramadhan.
3. Meningkatkan kecintaan terhadap produk lokal, terutama kuliner daerah

Forum menampilkan narasumber sebagai pengisi acara, Ibu Tri Tito Karnavian Ketua Umum PKK, Ibu Arumi Bachsin Ketua TP.PKK Jawa Timur, Ibu Tanti Setiawati Ketu TP.PKK Kabupaten Muna, serta Amanda Niode Katili dari Omar Niode Foundation dan Muthia Farida Owner Dapur Dango. Terkait panganan yang dikemukakan adalah Soto Ayam Lamongan dan Es Buto Ijo dari Jawa Timur, Pawu Siram Karamel dari Kabupaten Muna dan Ilabulo dari Gorontalo.

 

Hadir dalam kegiatan ini Ketua TP-PKK Kabupaten Katingan Ny. Daurwaty Sakariyas, Ketua DWP Kabupaten Katingan Ny. Nanti Pransang, Sekretaris PKK Kabupaten Katingan Ny. Endang Fatmawati dan Pewakilan dari Badan Kesabangpol Kabupaten Katingan dari Ruang Rapat Wakil Bupati Katingan.