Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • PORTAL KATINGAN
blog-img-10

Posted by : RinaPKP

PELATIHAN LAPORAN SKM RESMI DIBUKA PJ. SEKDA KATINGAN

Portal Katingan - Pemerintah Kabupaten Katingan terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Salah satu upaya nyata yang dilakukan adalah dengan menyelenggarakan Pelatihan Penggunaan Laporan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) yang bertempat di Aula Bappedalitbang Lantai II. Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Katingan, Deddy Ferras, pada Rabu (28/5/2025).

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh para perwakilan dari seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Katingan yang memiliki unit pelayanan publik (UPP), serta tim teknis pengelola data SKM. Tujuan utama pelatihan adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kapasitas aparatur pemerintah dalam mengolah serta memanfaatkan hasil survei SKM sebagai dasar peningkatan kualitas pelayanan.

Dalam sambutannya, Pj. Sekda Deddy Ferras menyampaikan bahwa pelaksanaan SKM merupakan kewajiban yang harus dilakukan secara berkala oleh seluruh unit pelayanan publik sesuai dengan regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. Hasil survei ini wajib dilaporkan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) sebagai bentuk akuntabilitas dan transparansi penyelenggaraan pelayanan publik.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) wajib diselenggarakan secara berkala setiap tahun oleh seluruh Unit Pelayanan Publik (UPP), serta melaporkan hasilnya kepada Menteri PANRB,” ujar Deddy Ferras di hadapan para peserta pelatihan.

Ia menjelaskan bahwa penyelenggaraan SKM memiliki peranan strategis dalam mengevaluasi kinerja pelayanan yang diberikan oleh setiap perangkat daerah kepada masyarakat. Menurutnya, SKM bukan sekadar formalitas pelaporan, melainkan alat ukur untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat sekaligus memahami kebutuhan dan ekspektasi masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan.

“Penyelenggaraan SKM sangat penting untuk menilai sejauh mana kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh perangkat daerah kepada masyarakat, serta sebagai evaluasi kinerja dari setiap perangkat daerah selaku pelayan publik, untuk mengetahui lebih dalam apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan masyarakat,” tambahnya.

Deddy juga menekankan bahwa masyarakat sebagai pengguna layanan memiliki peran penting dalam menilai kinerja pemerintah. Oleh karena itu, partisipasi aktif masyarakat dalam memberikan umpan balik melalui SKM harus terus didorong dan difasilitasi.

Lebih lanjut, ia mengingatkan bahwa tantangan pelayanan publik saat ini semakin kompleks, seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan meningkatnya kesadaran serta ekspektasi masyarakat terhadap pelayanan yang prima.

“Unit pelayanan publik harus mampu menjawab tantangan perkembangan zaman, di mana semua hal telah berubah mengikuti perkembangan teknologi dan informasi. Masyarakat pun semakin cerdas dan kritis dalam menilai pelayanan yang kita berikan,” tegasnya.

Sebagai bentuk respons terhadap tantangan tersebut, Pemerintah Kabupaten Katingan melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian telah mengembangkan aplikasi e-SKM yang mempermudah masyarakat dalam menyampaikan penilaian terhadap unit pelayanan publik. Aplikasi ini memungkinkan pelaporan yang lebih cepat, efisien, dan akurat.

“Melalui aplikasi e-SKM yang telah dibangun, harapannya masyarakat semakin dipermudah dalam memberikan penilaiannya kepada unit pelayanan publik di mana masyarakat mendapatkan pelayanan,” ucap Deddy menutup sambutannya.

Pelatihan ini juga diisi dengan pemaparan teknis mengenai penggunaan aplikasi e-SKM, tata cara pengolahan data survei, serta penyusunan laporan evaluatif yang dapat dijadikan dasar dalam perencanaan dan pengambilan keputusan strategis di masing-masing perangkat daerah.

Dengan pelatihan ini, diharapkan seluruh UPP di Kabupaten Katingan dapat melaksanakan survei SKM secara profesional dan menghasilkan laporan yang benar-benar mencerminkan suara masyarakat, sehingga pelayanan publik di Katingan dapat terus ditingkatkan, adaptif terhadap perkembangan zaman, serta berorientasi pada kepuasan dan kepercayaan masyarakat.